Membuat Mesin Isuzu Panther ( 4JA1-L Euro2 ) Lebih Bertenaga
Isuzu Panther yang Terkenal Bermesin Bolot & bertenaga Pas Pasan di Jalan Raya kita jadikan sedikit lebih Bertenaga |
Ingin mendapatkan tenaga yang lebih dari standartnya ?Anda tidak takut kehilangan Garansi dari IAMI (Isuzu Astra Motor Indonesia) ( ada garansi 2 thn / 50 ribu km )
Kalo semua point Iya silahkan teruskan membacanya,
Kepengin Mesin anda Mudah mencapai High RPM ?
Gampang Kok Bisa Kita Kerjakan Sendiri.
Thread Ini Saya Namakan
4Sehat 5Sempurna Part 2 ( karena ada 4Sehat 5 Sempurna Normaly aspirated ) (maaf belon saya bahas)
Saya namakan 4Sehat 5Sempurna karena ada 5 Modifikasi kecil Kecilan ( yang bisa dikerjakan sendiri DIY )
Langkah Itu adalah:
1. Non aktifkan Unit EGR ( Exhaust Gas Recirculation )
Silahkan membaca Ulasannya dibawah ini ya. http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/03/menonaktifkan-unit-egr-mesin-diesel.html
2. Perhalus Manifol dari Turbo ke Exhaust manifold + Pasang CAI ( Cold Air Intake ).
Silahkan membaca Ulasannya dibawah ini ya.
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/02/cold-air-intake.html
3. Operasi Catalitic Converter
Pada Merusak Catalitic Converter ini hanya memerlukan Bantuan Teman Untuk melepas Knalpot dari Turbocharger ke Knalpot tengah, dengan cara melepas ke empat baut pemegang knalpot di Turbocharger dan 2 baut di sambungan knalpot, setelah itu ntar akan tampak rumah tawon catalitic converter, anda tinggal menusuknya memakai obeng panjang. ( maaf belum ada gambarnya )4. Matikan Waste Gate Turbo.
Silahkan membaca Ulasannya dibawah ini ya.
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/03/naikkan-performa-turbo-anda-dengan.html
5. Setel Kembali Baut Load Setelan Solar untuk sedikit memperboros solar.
Silahkan mbaca Ulasannya dibawah ini ya.
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/02/setel-baut-load-solar.html
Notice:
- Tiap angka mewakili pengaruh. ( semakin besar angkanya maka akan semakin signifikan tenaga yang diperoleh )
- Penonaktifan unit EGR juga berdampak pada kebersihan intake manifold, dan juga secara tidak langsung akan sedikit menambah boost turbo karena udara dari knalpot seluruhnya akan digunakan untuk memutar impeler turbo. Sebelum di cute oleh wastegate point 4.
- Bila Masih Kurang Anda bisa Menambah dengan Gadget DIY ( Do It Yourself ) seperti misalnya :
- BFPS ( Boks Filter With Power Scoop ) http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/02/boks-filter-with-power-scoop.html
- Mengurangi efek Engine Pumping Lost http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/05/memodifikasi-filter-udara-agar-lebih.html
- Untuk Menambah kestabilan ( Karena Mobil Makin Cepat butuh kestabilan lebih Advanced ) bisa anda ikuti yang dibawah ini
- http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/02/modifikasi-stabiliser-anda.html
- http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/02/setel-ketinggian-torsi-roda-depan.html
Om iwan ada yang ingin saya tanyakan...
ReplyDeletekenapa di jalanan lurus dan kecepatan tinggi mobil isuzu grand touring bisa di susul dengan mudah oleh fortuner 2.5 diesel??
apa ada yang berbeda...
dengan spek sama sama standar tentunya GT akan mudah dilalui oleh fortie (non vnt) , ta pi bila anda sudah menerapkan thread diatas, tentunya sebuah GT akan bisa memberikan perlawanan yg berarti buat fortie/ ipah D4D standart (104pk)
DeleteTetapi alangkah baiknya kita berkendara sesuai dgn aturan lalin yg ada, Jl raya bukan ajang salib menyalib ... olwis keep safety driving yaaa :)
iya Om tetap safety driving selalu....
Deletebiasanya itu kalau suka kecepatan tinggi waktu perjalanan ke luar kota dan jalanannya itu sepi seringkali kalau lewat jalan yg sepi dengan kecepatan rata" 80 km/jam itu suka mengantuk, hehehe
Om, sebelum saya punya GT saya pakai hi-sporty itu kalau saya bandingkan untuk tenaganya lebih joss yang hi-sporty knp ya? padahal GT ada tubonya...
Brarti GT anda termasuk GT bolot standart IAMI itu ... he9 :) PR nya banyak .... :)
DeleteGT bolot standart IAMI apa itu om...
Deleteheheh..
boz iwan mau tanya GT bolot standart IAMI itu seperti apa ciri2nya dan PR nya apa aja biar bs normal
DeleteAlhamdulillah...kucing item saya 2.5 touring 2004 bisa menyusul innova 2.0 di cipularang dgn mudah di tanjakan...mesin standar ting-ting dan km sudah menunjukan 240.000km masih menunjukan kekuatannya...namun yang masih belum puas adalah kok rasio gearnya pendek banget ya om...kecepatan 140 kpj rpm sudah menunjukan 3900rpm...padahal redline 4500 rpm...khawatir mesinnya jebol klo kitiran mesinnya tinggi terus di jalan tol...
ReplyDeletepertanyaannya adalah...:
1. apakah bisa ganti final gear yang panjang gak?
2. misalkan klo gear diganti rasio yang long apakah mengorbankan torsi mesin gak om? takutnya tarikannya jadi lelet..tapi top speed bertambah?
3. apakah bisa si kucing ditambah unichip kaya fortuner? mengingat setau saya mesin panther masih sangat konvensional..
Safety Driving and Thank You...
1. sangat bisa, Final geer Turing adalah 4.3 kalau mau lebih berat anda bisa mengantinya dengan punya kapsul biasa yang berangka 4.1
Delete2. final geer yang diganti lebih kecil tentunya akan mengorbankan tarikan, tapi anda mendapat top speed, ( itu sama dengan mengganti geer belakang ke ukuran yang lebih kecil pada sepedamotor)
3. Ngak bisa karena Panther masih diatur mekanis (boschpump) sedang piggy back memakai data ICU untuk dimanipulasi.
Mas
DeleteCatalitic converter itu tabung bunder pas setelah turbo charger itu ya??
Makasih sblmnya
Mas
ReplyDeleteMau nanya
Catalitic converter itu tabung bunder pas dibawah turbo charger ya mas???
Makasih sblmnya
ya benar itu didalam tabung itu ada unit catalitic
DeleteHalo mas mau tanya nih
ReplyDeleteSaya punya panther LS Matic tahun 2000, ada beberapa keluhan barangkali bisa bantu
1. Pada kondisi jalan tanjakan power hilang, tapi tidak mati, jadi cuma bisa alon-alon asal kelakon saja. Apakah kopling harus di ganti? padahal solar terisi lebih dari setngah dan penumpang cuma 1 orang.
2. Keluar asap tipis dari knalpot baik ketika dipanaskan maupun mesin panas. Ketika mesin panas, saya copot dipstik oli mesin aman, tidak keluar asap sama sekali dari lubang dipstik oli mesin.
3. Kecepatan maksimal yang bisa di capai hanya 90-100kpj, powernya habis.
4. Ketika stir diputar mentok, tenaga juga seperti hilang,jadi mesin suka mati, terutama ketika menggunakan AC. Apa ada masalah dengan power steeringnya?
Sebagai tambahan informasi oli mesin dan transmisi baru saya ganti termasuk filter oli, filter udara dan filter solar juga sudah baru saya ganti.
Mohon masukannya...Trims
1. bila kondisi kopling tidak selip tentunya itu hal yg wajar, isuzu panther dengan tenaga dan torsi maksimum yang minim lalu dikombinasi dengan matic kopling tipe jadul. adalah kombinasi yang mematikan. jgn terlalu berharap bila menemui tanjakan.
Delete2, bila ada asap tipis bila warnanya hitam kemungkinan pasokan solar terlalu banyak atau filter udara sudah agak mampat,
3. bila kecepatan hanta 100an km berarti ada yg ngak beres dengan unit mesin atau transmisi anda.
4. ketika diputar mentok unit power stering akan bekerja berat/maksimal. bila mau mati mesinnya itu tanda ada beban berat. coba periksa saja unit ps di bengkel yg terpecaya. sedang unit ac coba diiperiksa apakah vakum penaik stationernya masih bekerja dengan optimal.
Padahal udah 2500cc masih kurang ya?
Deleteunit transmisi bisa mempengaruhi top speed ya? kirain cuma karena mesin aja yang mempengaruhi?
Trims
laju mobil akan berbanding lurus dengan putaran mesin dan unit transmisi, secara kasarnya bila anda memakai gigi 5 2000 rpm lari 60kpj, tentunya ketika 4000 rpm akan melaju 120kpj, sedang unit transmisi akan merubah perbandingan dari standartnya jadi misal diganti dengan yg lebih kecil tentunya mungkin ketika 2000 rpm dia sudah melaju di 70kpj,
Deleteom pipa egr dicopot.. dan servo di copot bisa mempengaruhi mesin gak.. mksh
ReplyDeleteselama pencopotan dilakukan dengan benar tidak akan berakibat negatif kemesin
Deleteom.. saya sudah modif ispan smart dengan menonaktifkan egr dgn memasukan biji besi ke kedua selang servo.. bgmna efek kemesinya mksh..
ReplyDeleteefeknya mesin tentu intake maifoldnya lebih bersih hehheeee
DeleteOm.. Saya ada phanter 23 thn 91. Utk tambah tenaga tanpa harus oprek mesin mulai dari mana dulu ya.
ReplyDeleteMas iwan, salam kenal saya newbie baru di diesel engine, mau sedikit bertanya mas, saya punya isuzu panther GT 2015, yg saya mau tanyakan :
ReplyDelete1. Adakah piggyback untuk mobil ini?
2. Seberapa besar tenaga yang di hasilkan dari penerapan pemasangan piggyback ini?
3. Apakah mas iwan punya kontak atau bengkel pribadi untuk penerapan modifikasi yang disebutkan diatas, jujur saya tertarik, tapi berhubung waktu juga yang sulit jika mengerjakan sendiri, harap maklum saya sangat awam..
Terimakasih banyak atas perhatian dan jawabannya mas iwan.
1. Tidak ada. piggyback adalah semacam alat yang berfungsi untuk memanipulasi sensor ICU, sementara panther masih manualjadi tidak bisa memakai piggyback
DeleteSlmat malam pak iwan,pak bisa di perbesar gak untuk fhto langkah yg ke 5 , sblm nya mksh,,,,!!
ReplyDeleteMas Iwan, panther HG sy thn 96, kemarin ketika saya pakai luar kota malam hari tiba-tiba lampu besar mati setelah saya menyalakan lampu jauh, setelah saya ganti sekring bisa nyala kembali. Tapi begitu saya menyalakan lampu jauh, lampu besar mati lagi, padahal pas melintas hutan, gelap seremmm. Kenapa ya mas kira2. Trims
ReplyDeleteuntuk panther LS 2006 treathmen nya apa om biar lebih powerfull
ReplyDeleteSalam kenal pak Iwan, mobil saya Ipan 2015,mau tanya apakah rpm ketika ac on/off harus sama?
ReplyDeleteKarena ketika ac nyala rpm naik sekitar 200an.
Terima kasih
Om kalo engine panther new hi grade kan type enginenya udh 4ja1 tuh,kalo dimodif pake turbo bisa ga,kira2 budget brp abisnya?trus ngaruh ga sm konsumsi bbmnya?mohon penjelasan karena mau coba pake mbil engine diesel
ReplyDeleteMas saya mau tanya gimana cara mereset lampu indikator panther tahun 1996. Soalnya indikator sedimenter dan glow plug tidak mau nyala saat akan distarter. Padahal indikator oli, hand brake, dan aki menyala. Makasih mas
ReplyDeleteOm iwan knp jadi suka ngebut skr ya ? Biasanya om selalu hati2 sama panther..
ReplyDelete