Turbocharger & VGT
TURBOCHARGERSering Kita Mendengar Kata Turbo, dan Kadang kita berekspektasi berlebihan tentang sebuah kata Turbo, Mungkin Ketika anda masih kanak kanak ada sebuah stick permainan yang ada tulisan Turbonya pada stick tersebut ( misal stick game Sega, Nintendo ) atau pada komputer Jadul ada switch tombol Turbo pada CPU anda.
Diagram kerja Turbo Secara Sederhana |
Lupakan kedua hal itu diatas Kita hendak membahas Perangkat Turbo Pada sebuah Mobil.
Sebelumnya, Anda perlu memahami dasar-dasar pembakaran internal pada sebuah mesin dahulu. Setiap Mesin adalah "Bernapas" ketika hidup. Artinya, Mesin menyedot udara dan bahan bakar untuk dibakar menjadi energi. Udara dan bahan bakar kemudian dimampatkan oleh piston untuk kemudian diubah menjadi Energi Gerak. Setelah itu, limbah pembakaran yang tercipta dikeluarkann melalui knalpot / exhaust manifold. Semua ini biasanya dinamakan dengan empat stroke piston.
Skema Turbocharger di mesin |
Sudah Jelas Ya,
Perangkat Turbocharger ini ternyata mempunyai Kelemahan yaitu yang namanya Turbo Lag. Turbo Lag adalah jeda sesaat saat mesin berakselerasi dimana terjadi kevakuman di intake manifold ( pada waktu Gas Mendadak ) Mesin sudah membutuhkan udara didalam intake manifold, akan tetapi Turbo belum bekerja ( mengapa belum bekerja ) tentu karena turbo membutuhkan Gas buang dari knalpot untuk memutar turbin yang selanjutanya digunakan untuk memutar kompresor.
Untuk mengurangi Turbo Lag bisa digunakan unit Turbo yang turbinnya kecil, karena kecil maka ketika mesin idle pun sudah menghasilkan boost Turbo, akan tetapi dengan turbo kecil tentunya udara yang dihasilkan juga sedikit, sehingga tenaga yang diperolehpun tidak maksimal.
Dengan Berjalannya waktu dan dengan tehnologi yang semakin maju maka ditemukan lah yang Namanya VGT Variable Geometri Turbo.
VGT / VNT / VTG / VTA / VGS / VG
Diagram sederhana kerja VGT |
Variable Geometry Turbo (VGT) adalah turbocharger yang bekerja pada prinsip yang sama seperti pada turbocharger pada umumnya. Dia Ini juga memiliki turbin dan kompresor, yang terhubung ke poros. Perbedaan dengan turbocharger konvensional adalah bahwa turbocharger VGT memiliki adjustable baling-baling adjustable.
Contoh VGT dari Volvo |
Sesuai perkembangan maka VGT pun bernama berbeda beda semisal saja
- VGT - Variable Geometry Turbocharger (Cummins/Holset),
- VNT - Variable Nozzle Turbine (Honeywell/Garrett),
- VTG - Variable Turbine Geometry (BorgWarner and ABB),
- VG - Variable Geometry turbocharger (MHI),
- VGS - Variable Geometry System turbocharger (IHI),
- VTA - Variable Turbine Area (MAN Diesel & Turbo)
PERKEMBANGAN VGT
Produksi pertama yang menggunakan turbo ini adalah Shelby CSX-VNT Pada tahun 1989, dilengkapi dengan mesin K Chrysler 2.2 Liter. Shelby CSX-VNT memakai turbo dari Garrett, yang disebut VNT-25 karena menggunakan kompresor yang sama dari Garrett T-25. Turbocharger produsen Aerocharger menggunakan istilah 'Turbin Nozzle Variabel-Area' (Vatn) .
Di Jepang, 1989 Honda Legenda menggunakan variable geometry turbo dengan udara yang didinginkan intercooler yang dipasang pada mesin 2.0 L V6, tetapi hanya diproduksi untuk satu tahun saja.Pengunaan VGT pada Varian Pajero Dakar Meningkatkan Torsi dan Tenaga secara Signifikan |
Pada tahun 1991, Fiat menganti VGT turbocharger (Honeywell VNT) ke turbodiesel direct-injected Croma itu.
Peugeot 405 T16, diluncurkan pada tahun 1992, menggunakan Garrett VAT25 variabel-geometri turbocharger bermesin 2.0-liter 16 katup.
2007 Porsche 911 Turbo memiliki double VNT turbocharger pada mesin 3.6-liter boxer enam silinder.
Pada 2012, Suprock Technologies, LLC merilis VGT turbocharger dengan controller variabel berdasarkan parameter sensor meliputi tekanan, temperatur, dan kecepatan poros. Kontroler ini memungkinkan kendaraan yang awalnya tidak dilengkapi dengan VGT untuk memanfaatkan teknologi untuk peningkatan kinerja dan efisiensi. Kontroler ini mampu menghitung efisiensi kompresor antara parameter lainnya yang ditampilkan pada pod pengukur terletak di kabin. Karena jumlah input, perangkat dapat digunakan untuk menyempurnakan dan mendiagnosa sistem turbo berdasarkan suhu, tekanan, aliran udara, dan perilaku kompresor.
Pada 2013, Suprock Teknologi VGT kontroler dikembangkan oleh Blaylock Turbo VGT pada Switchblade mereka. Implementasi tersebut teknologi VGT memiliki potensi untuk mengurangi tekanan yang pada akhirnya dapat menurunkan suhu gas buang (EGT), dan meningkatkan konsumsi bahan bakar pada kendaraan.
panther dipasangi vgt bisa ga
ReplyDeletesemua bisa, bahkan diberi injeksi gas propane (Nos nya diesel) pun bisa :)
ReplyDeletekalo saya punya jeep mesin 4jb1 mau dipasang turbo, butuh apa saja pak, apakah harus ganti seker turbo juga ?
ReplyDeleteMesin 4Jb1, mesinnya elf atau kalau bighorn jadul sudah dilengkapi turbo beserta top mounted intercooler, Kalau bisa pasang turbo buat 4Jb1 silahkan nyari limbah moge yang buat 4jb1-T karena tidak terlalu banyak perubahan, yang patut diperhatikan adalah jalur olie dan air pendingin turbo, trus bila ada dana lebih silahkan modif IP dengan pasang boostcompensator ... untuk detailnya bisa anda konsultasikan ke bengkel spesialis turbo :)
Deletespesialis turbo disemarang ada referensi pak ?
ReplyDeletemaaf saya ngak punya daftar bengkel bengkel turbo Bos :)
DeleteMas Iwan, kalo phanter Grand Touring 2013 apa juga pakai teknologi turbocharge ini dan saat mematikan mesin harus di tunggu beberapa saat dulu? Di manual nya sih gak ada permintaan untuk mengggu saat mau dimatikan
ReplyDeletePanther Sejak tahun 2007 semua mesinnya memakai Turbocharger jenis IHI RHF-5, untuk mematikan mesin ada baiknya tunggu sebentar sebelon dimatikan, terutama kalau habis ngebut atau nanjak ... tapi bila misalnya habis ngebutpun lalu anda tiba diperumahan ( lalu mobil harus melambat, nyari parkir dll, ya ngak prlu ditunggu langsung matikan mesin aja ngak apa apa ... turbo dah pake ball bearing aman kok... ngak seperti Turbo jaman Majapahit yang masih bosh kuningan
DeleteMas iwan,tulisan diesel turbo panther ada yg jual gak ya?
ReplyDeletebanyak anda bisa kevariasi atau ke dealer bila ingin produk yang asli
Deleteapa panther gtr 2008 bisa dipasang VGT??
ReplyDeleteMu tanya ni pak klo innova mu pakai turbo vgt pajero apa saja yg harus di ganti..apa ada altrnatif yg mudah selain ganti ecu dll..
ReplyDelete