Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Memodifikasi Filter Udara Agar Lebih Free Flow

Memodifikasi Filter udara

Filter udara 4JA1 dan 4JA1-L
Filter Udara 4JA1 & 4JA1-L 
Udara tersedia bebas dan gratis di muka bumi. Semua makhluk hidup memerlukannya, bahkan mobil dan kendaraan anda pun juga membutuhkan Udara ( Oksigen ) untuk proses pembakaran. Salah satu input dari udara ke mesin adalah melalui Filter Udara. Filter udara bertujuan untuk menyaring udara kotor agar udara yang dihisap mesin adalah udara bersih. Kadang Kala ada desain Filter udara yang karena memang dari sananya dirancang untuk keperluan durability dan keawetan pemakaian, kadang kala mengorbankan performa. Contoh disini adalah Filter Udara dari Isuzu Panther Kode Mesin 4JA1, 4JA1-L ( turbo ). Bila Anda berjiwa Do It Your Self dan mau berPrakarya sedikit ayo kita teruskan membacanya dan ikuti langkah langkahnya ya.

Alat Dan Bahan

Disini anda hanya memerlukan Filter udara yang Asli dan Tang Biasa dan Tang Lancip atau Potong.

Cara Pengerjaan
Proses Pengerjaan
Proses Pengerjaan

1. Temukan Lipatan Seng Penutup Filter udara, Lalu dengan bantuan Tang silahkan Potong dan rusak dengan memakai Tang ( gambar1 ). 
2. Dengan Bantuan tang segera potong melingkar anda bisa memotongnya dari jaring yang berlubang-lubang untuk memudahkan pemotongan. ( gambar2 )
3. Setelah itu dengan mengunakan bantuan Tang besar tarik plat ke arah keluar. hati hati dengan tangan anda seng sangat tajam ( gambar 3 )
4. Tarik juga Sisa Seng seperti pada Gambar 4. Hati hati jangan sampe melukai kertas saring.
5. Hasil Akhir nya.
Hasil Akhirnya
Hasil Akhirnya

Notice =

  • Dengan Filter yang sudah dibuka tutupnya maka udara akan lebih leluasa untuk masuk kedalam filter. dengan makin freenya udara maka Efek ENGINE PUMPING LOST akan semakin kecil. tentunya efeknya mesin akan lebih terasa bertenaga pada putaran atas.
  • Modifikasi ini tidak akan merusak mesin, karena tidak ada perubahan pada unit Filter Udara ( hanya menghilangkan hambatannya saja )
  • Modifikasi dapat diterapkan pada Filter filter mobil yang lain. yang berpenampilan dan berkasus sama.
Semoga Bermanfaat

16 comments:

  1. Apa sebaiknya di tambahkan beberapa lubang pada Pot (kaleng rumah filter) untuk menambah debit yang masuk ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penambahan lubang pada dinding rumah filter udara tentunya juga mempermudah aliran udara ke dalam filter, tapi perlu diingat dalam membuat lubang untuk memperhatikan panas dari mesin dan waktu hujan jangan sampe air hujan bisa masuk kedalam boks filter :)

      Delete
  2. Pernah liat praktiknya di motor ku dulu waktu servis mas.
    baru tahu,ternyata bisa diterapkan di mobil juga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. motor dn mobil itu sama hanya beda dimensinya saja ...:)

      Delete
  3. apa ini nggak membuat nozzel dan bospom kotor om iwan ini kan terbuka? Penggantian filter udara apakah juga lebih cepat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nosel dan Bospom adalah unit bahan bakar ngak ada hubungannya dengan filter udara, umur mereka ditentukan oleh filter solar.
      Teknik ini sama sekali ngak berbahaya karena hanya mempermudah udara lebih mudah mengalir saja sementara unit filterisasi udara ngak ada perubahan ( Memperkecil Engine Pumping Lost effect) :)

      Delete
  4. Saya salah satu orang yang mendesain air cleaner ini..:)
    Mengapa air cleaner didesain sepeti itu karena kebutuhan udara dari mesin mobil tidak banyak.
    Sehingga untuk mengatasinya, air cleaner diberi "penghalang".
    Jadi kalau air cleaner tersebut dimodifikasi seperti itu malah akan mengganggu performa mesin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap Desain dan konstruksi dari pabrik adalah yang terbaik, tapi itu ada pada kondisi ideal dan memakai syarat dengan kebutuhan tertentu,
      Seseorang yang memodifikasi mesin dan barang tentunya berharap sesuatu yang lebih dari performa standar,
      Sayang sekali Anda sebagai pendessain filter udara itu mendesain filter seperti itu, karena dengan berjalannya waktu filter dengan tutup seperti itu akan mudah mampet yang pada gilirannya akan fatal bagi Mesin yang anda desain. :)

      Delete
  5. mohon advise om, klo untuk xenia vvti, modifikasi gimana om. makasih ya om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua Topik yang saya lakukan biasanya berdasar dari optimasi Do It Yourself, untuk xenia vvti mohon maaf karena kebetulan saya tidak memakai xenia jadi ngak bisa memberi saran. mungkin cara termudah anda hanya bisa mengganti unit filter udara dengan yang lebih free flow macam Produk dari K&N dsb.

      Delete
  6. Filter udara pada kijang diesel sudah open tuh om, dah gak ada penghalang luarnya jadi langsung kertas/kain felternya

    ReplyDelete
  7. Mau tanya om,panther sporty 97 saat sya di gigi 3 lalu melakukan engine brake perseneling netral sndiri..kenapa ya,dan perbaikannya mahal ga?trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu verneling minta turun, namanya kalau montir jawa bilangnya nglepeh.untuk biaya tergantung bengkel dan ketepatan perbaikan, versneling rada rumit kalau ngak ahli bisa 2-3 bongkar kan repot.

      Delete
  8. Om.. apakah tidak berpengaruh pada tubonya.. mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan filter udara yang lebih free flow, tentunya boost turbo akan lebih mudah tercapai sebelum akhirnya akan di cut oleh waste gate. untuk turbonya sendiri ngak ada pengaruh apa apa karena turbo keawetannya tergantung dari kualitas olie mesin dan penggunaan (misal digeber2 mesinnya sebelum dimatikan akan memperpendek usia turbo)

      Delete
  9. Wah bagus om infonya, cukup bermanfaat.

    Tapi untuk mobil merek lain bagaimana bos? Apakah caranya juga sama? Nih sedikit info, kalau misal ada yang gak yakin untuk cara modifikasinya atau mau filter udara yang bikin tarikan jadi mantap bisa coba pakai filter udara K&N bos, nih saya kasih web yang jual filter udara K&N secara lengkap dengan harga kompetitif, http://filterudara.id/ dijamin dah, gak bakal kecewa untuk coba pakai filter udara K&N.

    Hehehehe... Promosi dikit :)

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)