Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Port Polish & Porting Manifold

Port Polish & Porting Manifold

Dalam setiap Tuning dikenal istilah Port Polish, Port Polish biasa diartikan sebagai teknik penghalusan saluran masuk dan buang pada sebuah mesin, kelihatannya sangat sepele tapi dengan Port Polish yang benar, akan dirasakan efek yang luar biasa. Karena sebuah mesin yang sudah di Tuning ( Tune Up ) tanpa di Port Polish maka akan membuat perjalanan udara dan bahan bakar menjadi tidak lancar ( dalam istilah komputer kita kenal dengan bottle neck Bagaimana menerapkan teknik yang benar pada Port Polish. Sedangkan Porting juga sama dengan Polish hanya kalau porting tidak hanya menghaluskan tetapi mungkin juga disertai dengan pengurangan ( lebih advanced ) tetapi pada umumnya tujuannya sama. 
Pembersihan Intake akan
menjaga performa Kendaraan

Apa yang disebut dengan Port Polish?

Port polish dapat dikatakan cara memaksimalkan performa mobil dengan cara menghaluskan/ melancarkan arus masuk dan keluar bahan bakar di ruang bakar 

Proses Port Polish

Kita bayangkan bila kita akan melakukan perjalanan melalui sebuah jalan raya. Jalan raya tempat bertemunya alat transport, dengan makin banyak penghalang di jalan, misalnya polisi tidur, benda-benda asing misal ranting pohon tumbang, penyempitan pada perempatan, pasar tumpah, jalanan berlubang, mobil mobil mogok / kempis ban dijalan raya dan lain lain, tentunya perjalanan kita akan terhambat bukan.

Contoh Porting
Hal ini juga berlaku pula pada saluran masuk bahan bakar dan buang sebuah mesin, dengan proses pembuatan mesin secara massal biasanya akan ditemukan beberapa kekurangan desain atau kehalusan dari proses pencetakan logam, yang berakibat pada kekurang halusan permukaan saluran. Hal ini bisa mengakibatkan efek turbulensi, ketika efek turbulensi terjadi maka kelancaran bahan bakar akan terhambat. Apalagi ditambah dengan Quality Control yang kurang dari pabrik. Memang kelihatannya masalah sepele, tapi Coba kita bayangkan misal saja sebuah mesin diesel yang bekerja pada 3000 putaran permenit. Dimana tiap detik akan terjadi sekitar 50x siklus input dan output saluran bahan bakar. hal ini menyebabkan port polish akan berpengaruh besar pada sebuah mesin. Itu baru mesin Diesel yang bekerja hanya di sekitaran 2-4000 rpm, Coba anda bayangkan Mobil F1 Punya Mr. Vettel atau mesin MotoGP punya Mr. Lorenso yang bekerja diatas 15000 Rpm ?

Keuntungan dan kerugian port polish

Keuntungan, tentunya performa akan lebih baik, aliran bahan bakar yang makin lancar tentunya akan membuat respons mesin menjadi lebih baik. untuk kerugian kemungkinan sejauh ini hanya ditemukan pada pemakaian bahan bakar yang lebih banyak, ( hal ini disebabkan karena dengan mesin makin enteng akan membuat pengemudi makin entusiast sehingga makin gatal menginjak pedal gas

Port Polish Kecil Kecilan Pada Mobil Anda.

Kita bisa melakukan port polish kecil kecilan sendiri ( tidak harus ekstrim dengan membuka silender cop dll ) caranya
Buat Pemilik Kendaraan Diesel Isuzu Panther,
1. buat pemilik mesin 4JA1 non Turbo. coba dibuka tutup intake mesin ( cover plastik yang ada tulisannya Direct injection, Coba dibuka dengan membuka 8 baut pengikatnya. setelah terbuka nanti akan terlihat saluran intake kendaraan anda yang kotor karena kerak arang. Itu bisa di bersihkan sendiri. setelah itu ditutup kembali. pembersihan ruang masuk udara ( intake manifold ) akan memperlancar jalur udara yang masuk di ruang bakar.
2. buat pemilik mesin yang udah berturbo... bisa dengan cara memperhalus gasket knalpot pada saluran exhaust antara turbo dengan knalpot. ( pada bagian ini bila dibuka kadang ukuran gasket terlalu kecil sehingga menyumbat aliran gas buang setelah turbo menuju knalpot.dengan udara buang yang lebih lancar keluar dari turbo maka turbo akan berspul dengan makin cepat.
3. Sedang bagi Pemilik mobil jenis yang lain anda bisa mengikuti cara yang sama anda tinggal membersihkan saluran intake pada mobil anda.
4. Sedang bagi pemilik mobil bensin anda bisa membeli Cairan perontok kerak ( biasanya berbentuk semprotan ) bisa anda semprot ke ruang intake manifold sambil menghidupkan mesin ( bisa anda pelajari dari petunjuk pemakaian ).

Beberapa Kesalahan Persepsi

Kadang kala ada salah pendapat yang salah ditangkap oleh masyarakat awam, bahwa saluran masuk yang dibikin halus akan membuat aliran makin lancar lalu akan makin kencang. kadang kala tidak diketahui secara umum bahwa pada tipe beberapa mesin memang dirancang oleh pabrik untuk menciptakan turbulensi di ruang bakar, dengan adanya turbulensi diruang bakar sedikit banyak akan menjadi sempurna. sehingga ada beberapa kasus setelah selesai port polish malah akan menurunkan performa. ( walau kasus nya sedikit ) Akhir kata teknik Port Polish tidak akan maksimal bila tidak diikuti dengan perbaikan disektor lain ( krn mesin bekerja secara sinergis )

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)