Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Bohlam ( Bulbs )

BOHLAM
Bohlam ( Bulbs)
Semenjak ditemukannya bohlam
Malampun berubah menjadi Siang
Setiap Mobil Pasti dilengkapi dengan Penerangan untuk mobilitas pada waktu gelap / Malam hari. Penerangan pada mobil biasanya ada di depan untuk penerangan kearah depan dan belakang untuk memberi tahu keberadaan mobil kita pada mobil yang lain. Lampu depan mempunyai  fungsi utama pada penerangan  pada malam hari, dan pada lampu utama terdapat bohlam. Pabrikan mobil pada dasarnya telah membuat standar atau panduan dalam pemakaian bohlam, biasanya bisa dilihat dari besarnya watt pada bohlam tersebut. Bila pemilik mobil mengganti bohlam diluar standar mobil maka resiko umur bohlam berkurang akan semakin besar. Dan pada mobil juga terdapat bermacam-macam jenis bohlam dapat dilihat dari kodenya masing-masing. Dibawah ini akan dibahas macam dan jenis bohlam pada mobil.

tabel pemakaian bohlam pada mobil
Tabel Pemakaian Bohlam di Otomotif
Bohlam lampu utama yang beredar kebanyakan dengan kode H4, kode ini merupakan jenis bohlam yang paling umum dipakai pada mobil terutama pada mobil produksi jepang. Bahkan juga ada motor yang memakai bohlam kode ini, salah satunya yamaha vixion dan Vespa Excel.  Pada bohlam tersebut biasanya terdapat kode yang menunjukkan spesifikasi bohlam, contohnya adalah 12V 60/55 . 12 V maksudnya adalah tegangan yang dimiliki bohlam tersebut adalah 12 Volt, Sedangkan 60/55 berarti bohlam ini mempunyai daya 60 watt pada high beam/ lampu jauh dan 55 watt pada lampu dekat. Jadi pada satu bohlam terdapat dua jenis pencahayaan. H4 juga mempunyai dua macam jenis yaitu dengan kode P45t dan P43t, untuk yang P45t biasanya digunakan pada mobil-mobil lama perbedaannya adalah pada bentuk bawah bohlam atau dudukkannya masih berbentuk bundar. Kemudian untuk tipe P43t merupakan pengembangan dari P45t dimana sudah terdapat 3 kaki pada dudukkannya.

Sesuai perkembangan jaman, maka muncul bohlam dengan kode HB yang dipakai oleh mobil-mobil keluaran terbaru. Perbedaannya adalah pada desain soket yang dibuat model tertutup yaitu ditutup dengan pelindung karet. Untuk kodenya HB sendiri mempunyai beberapa tipe antara lain HB3,HB3a,HB4 dan HB4a. sebagai contoh mitsubishi Pajero Sport memakai kode H11 dan HB3. Biasanya juga pada mobil eropa lampu utamanya memakai dua jenis bohlam, karena 1 bohlam hanya untuk satu pencahayaan saja. Misal H1 untuk lampu jauh dan H7 untuk lampu dekat atau sebaliknya.

Berikut adalah sejarah singkat perkembangan lampu dari masa ke masa.

1. Bohlam atau lampu pijar Ini adalah jenis yang paling klasik. Bohlam ini terbuat dari bola kaca yang diisi dengan filamen, substansi argon, nitrogen, kripton, hidrogen, dan lain-lain. Bohlam ini membutuhkan banyak energi untuk dapat bersinar terang, terutama bila dibandingkan dengan lampu neon (fluorescent). Sebuah bola lampu hanya dapat bertahan selama seribu jam atau sekitar 4 bulan pemakaian. Menghasilkan cahaya kuning redup + memberi kesan hangat menyebabkan masih banyak disukai orang  hingga sekarang. Ditambah memiliki Harganya yang ekonomis.
2. Lampu TL atau kita sering menyebutnya dengan nama neon, Ada berbagai bentuk lampu neon, mulai dari memanjang spiral (standar), atau seperti bola lampu. Lampu neon lebih terang dan hemat energi. Sebuah lampu neon yang baik mempunyai umur selama 15 ribu jam, atau lebih dari 10 tahun penggunaan. Kualitas yang baik disertai dengan harga yang sesuai. Sebuah lampu neon dapat memiliki hingga 10 kali harga klasik pijar. Sekarang, banyak lampu neon dikampanyekan oleh pemerintah sebagai lampu hemat energi dan ramah lingkungan,  karena tidak terlalu banyak membutuhkan listrik.
3. Halogen, Lampu halogen adalah lampu terbuat dari kaca kuarsa. Lampu halogen biasanya digunakan sebagai lampu spot. Makna lampu spot adalah lampu yang arah fokusnya tidak menyebar tetapi hanya mengarah ke satu daerah. Lampu spot yang banyak digunakan dalam galeri seni, seperti lampu taman, dan sebagainya. Jarang sekali lampu ini digunakan sebagai penerangan lampu sehari-hari di rumah, kecuali jika pemilik ingin kesan artistik dan dramatis di salah satu sudut rumah. Pada Saat sekarang Lampu jenis Halogen dipakai di sebagian besar produk otomotif.
4. Lampu Xenon, Lampu xenon berkategori lampu HID High Intensity discharge. dinamakan Lampu Xenon karena dia berisi gas xenon, Lampu ini memliki kelebihan memiliki daya terang yang lebih dari bohlam halogen biasa ( bisa memiliki nilai lumen 2- 3 x dari lampu halogen ) Kekurangan dari Lampu Xenon adalah harganya yang mahal ( karena harus memiliki perangkat yang lebih ( memakai balast dan lain lain) juga Untuk mengoperasikannya dibutuhkan waktu menjadi panas terlebih dahulu ( memakan waktu 30-60 detik ) jadi bila mobil anda diperlengkapi lampu xenon, silahkan anda memasang lampu tembak tambahan sebagai Dim yang diperlukan pada waktu siang hari waktu anda di ambil jalur jalan (di"Blong") pengemudi lain.
Penggantian Xenon
Modifikasi bohlam Xenon 
5. Lampu LED, LED singkatan dari Light-Emitting Diode. Lampu ini dapat menjadi sirkuit semikonduktor daya bercahaya saat energi. Menariknya, lampu LED tidak memancarkan panas sebagai pijar, seperti lampu lainnya. Dibandingkan dengan jenis lain lampu, lampu ini adalah lampu yang paling hemat energi dan juga yang paling mahal dalam sejarah cahaya. Kelebihan lainnya lampu LED tidak merusak kesehatan seperti lampu fluorescent,dan lebih tahan lama. 1 Watt lampu LED menghasilkan 100 lumen. Menurut Ramalan saya Lampu LED akan menjadi lampu masa depan, dimasa depan dia akan menggantikan fungsi dan posisi Lampu Halogen, sementara lampu Xenon hanya akan jalan ditempat saja. :)
Semoga Bermanfaat

3 comments:

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)