BOHLAM
Setiap Mobil Pasti dilengkapi dengan Penerangan untuk mobilitas pada waktu gelap / Malam hari. Penerangan pada mobil biasanya ada di depan untuk penerangan kearah depan dan belakang untuk memberi tahu keberadaan mobil kita pada mobil yang lain. Lampu
depan mempunyai fungsi utama pada
penerangan pada malam hari, dan pada
lampu utama terdapat bohlam. Pabrikan mobil pada dasarnya telah membuat standar
atau panduan dalam pemakaian bohlam, biasanya bisa dilihat dari besarnya watt
pada bohlam tersebut. Bila pemilik mobil mengganti bohlam diluar standar mobil
maka resiko umur bohlam berkurang akan semakin besar. Dan pada mobil juga
terdapat bermacam-macam jenis bohlam dapat dilihat dari kodenya masing-masing.
Dibawah ini akan dibahas macam dan jenis bohlam pada mobil.
Semenjak ditemukannya bohlam Malampun berubah menjadi Siang |
Tabel Pemakaian Bohlam di Otomotif |
Bohlam
lampu utama yang beredar kebanyakan dengan kode H4, kode ini merupakan jenis bohlam yang paling umum
dipakai pada mobil terutama pada mobil produksi jepang. Bahkan juga ada motor
yang memakai bohlam kode ini, salah satunya yamaha vixion dan Vespa Excel. Pada bohlam tersebut biasanya terdapat kode
yang menunjukkan spesifikasi bohlam, contohnya adalah 12V 60/55 . 12 V
maksudnya adalah tegangan yang dimiliki bohlam tersebut adalah 12 Volt, Sedangkan 60/55 berarti bohlam ini mempunyai daya 60 watt pada high beam/ lampu jauh dan 55
watt pada lampu dekat. Jadi pada satu bohlam terdapat dua jenis pencahayaan. H4
juga mempunyai dua macam jenis yaitu dengan kode P45t dan P43t, untuk yang P45t
biasanya digunakan pada mobil-mobil lama perbedaannya adalah pada bentuk bawah
bohlam atau dudukkannya masih berbentuk bundar. Kemudian untuk tipe P43t
merupakan pengembangan dari P45t dimana sudah terdapat 3 kaki pada dudukkannya.
Sesuai
perkembangan jaman, maka muncul bohlam dengan kode HB yang dipakai oleh
mobil-mobil keluaran terbaru. Perbedaannya adalah pada desain soket yang dibuat
model tertutup yaitu ditutup dengan pelindung karet. Untuk kodenya HB sendiri
mempunyai beberapa tipe antara lain HB3,HB3a,HB4 dan HB4a. sebagai contoh
mitsubishi Pajero Sport memakai kode H11 dan HB3. Biasanya juga pada mobil
eropa lampu utamanya memakai dua jenis bohlam, karena 1 bohlam hanya untuk satu
pencahayaan saja. Misal H1 untuk lampu jauh dan H7 untuk lampu dekat atau sebaliknya.
Berikut adalah sejarah singkat perkembangan lampu dari masa ke masa.
1. Bohlam
atau lampu pijar Ini adalah jenis yang paling klasik. Bohlam ini terbuat dari bola kaca yang diisi dengan filamen, substansi argon, nitrogen, kripton, hidrogen,
dan lain-lain. Bohlam ini membutuhkan banyak energi untuk dapat bersinar terang,
terutama bila dibandingkan dengan lampu neon (fluorescent). Sebuah bola lampu
hanya dapat bertahan selama seribu jam atau sekitar 4 bulan pemakaian. Menghasilkan cahaya kuning redup + memberi kesan hangat menyebabkan masih banyak disukai orang hingga sekarang. Ditambah memiliki Harganya
yang ekonomis.
2. Lampu TL atau kita sering menyebutnya dengan nama neon, Ada
berbagai bentuk lampu neon, mulai dari memanjang spiral (standar), atau seperti
bola lampu. Lampu neon lebih terang dan hemat energi. Sebuah lampu neon yang
baik mempunyai umur selama 15 ribu jam, atau lebih dari 10 tahun penggunaan.
Kualitas yang baik disertai dengan harga yang sesuai. Sebuah lampu neon dapat
memiliki hingga 10 kali harga klasik pijar. Sekarang, banyak lampu neon
dikampanyekan oleh pemerintah sebagai lampu hemat energi dan ramah lingkungan, karena tidak terlalu banyak
membutuhkan listrik.
3.
Halogen, Lampu halogen adalah lampu terbuat dari kaca kuarsa. Lampu halogen
biasanya digunakan sebagai lampu spot. Makna lampu spot adalah lampu yang arah fokusnya tidak
menyebar tetapi hanya mengarah ke satu daerah. Lampu spot yang banyak digunakan
dalam galeri seni, seperti lampu taman, dan sebagainya. Jarang sekali lampu ini digunakan
sebagai penerangan lampu sehari-hari di rumah, kecuali jika pemilik
ingin kesan artistik dan dramatis di salah satu sudut rumah. Pada Saat sekarang Lampu jenis Halogen dipakai di sebagian besar produk otomotif.
4. Lampu Xenon, Lampu xenon berkategori lampu HID High Intensity discharge. dinamakan Lampu Xenon karena dia berisi gas xenon, Lampu ini memliki kelebihan memiliki daya terang yang lebih dari bohlam halogen biasa ( bisa memiliki nilai lumen 2- 3 x dari lampu halogen ) Kekurangan dari Lampu Xenon adalah harganya yang mahal ( karena harus memiliki perangkat yang lebih ( memakai balast dan lain lain) juga Untuk mengoperasikannya dibutuhkan waktu menjadi panas terlebih dahulu ( memakan waktu 30-60 detik ) jadi bila mobil anda diperlengkapi lampu xenon, silahkan anda memasang lampu tembak tambahan sebagai Dim yang diperlukan pada waktu siang hari waktu anda di ambil jalur jalan (di"Blong") pengemudi lain.
Modifikasi bohlam Xenon |
5.
Lampu LED, LED singkatan dari Light-Emitting Diode. Lampu ini dapat menjadi
sirkuit semikonduktor daya bercahaya saat energi. Menariknya, lampu LED tidak
memancarkan panas sebagai pijar, seperti lampu lainnya. Dibandingkan dengan
jenis lain lampu, lampu ini adalah lampu yang paling hemat energi dan juga yang
paling mahal dalam sejarah cahaya. Kelebihan lainnya lampu LED tidak merusak
kesehatan seperti lampu fluorescent,dan lebih tahan lama. 1 Watt lampu LED
menghasilkan 100 lumen. Menurut Ramalan saya Lampu LED akan menjadi lampu masa depan, dimasa depan dia akan menggantikan fungsi dan posisi Lampu Halogen, sementara lampu Xenon hanya akan jalan ditempat saja. :)
Semoga Bermanfaat
Keliatannya mau mengganti posisi Mama Loren ya?....................wkwkwk
ReplyDeleteMama Lemon ???
Deletemantap sumantap, bro..
ReplyDeletesiang
ReplyDeletemobil saya mobilio RS 2015 mau ganti bolham yang buat lampu yang bulat. kira2berapa ya //